Analisis Pemilihan Investasi Ternak Ayam Broiler (Studi Kasus Alih Fungsi Lahan Pertanian Pada Peternakan Ayam Broiler Di Desa Rejosari Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak)

View / Download

Buka File

Tahun Terbit

2021

Author

Intan Imam Sutanto, SE, MSi

Abstrak

Penelitian ini Analisis Pemilihan Investasi Ternak Ayam Broiler (Studi Kasus Alih Fungsi Lahan Pertanian Pada Peternakan Ayam Broiler Di Desa Rejosari Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak). Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan uji kelayakan finansial dan untuk mengetahui perbedaan rata-rata cash in flow investasi pada ternak ayam broiler dengan investasi alternative usaha tani padi.

Sampel penelitian ini adalah periode produksi untuk memprodusir ayam ternak broiler dengan kapasitas 12.800 ekor selama 5-8 minggu. Metode uji kelayakan finansial menggunakan PP (payback period), NPV (net present value), PI (profitability index), IRR (internal rate of return). Uji beda digunakan untuk mengetahui perbedaan rata-rata cash in flow investasi pada ternak ayam broiler dengan investasi alternative usaha tani padi, hal ini dilakukan untuk memperkuat analisis tentang alih fungsi lahan dari pertanian ke usaha peternakan.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan kapasitas 12.800 ekor ayam ternak broiler dengan cash flow rata rata Rp 248,086,934 dengan payback period, NPV positif dengan discount factor 5% per periode, IRR terletak pada posisi 19,25% dan PI memiliki nilai positif sehingga layak untuk dilaksanakan. Hasil uji beda Rata-rata hasil investasi ternak ayam lebih tinggi secara signifikan dengan rata-rata hasil alternative usaha tani padi pada lahan yang sama.

BROWSE

  • All of Cendekiaku Repository
  • Author 17
  • Jurnal 21

MY ACCOUNT

EDITIONS